How to AI

Cara Menggunakan ChatGPT untuk Menulis Esai – 5 Cara Mudah

ChatGPT to Write Essay

Fitur-fitur canggih ChatGPT membuatnya sangat populer. Alat AI ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna dalam dua bulan pertama. Salah satu hal yang paling menarik tentangnya adalah dapat dengan cepat menulis semua jenis teks, seperti lagu, puisi, cerita pengantar tidur, dan artikel.

Orang cenderung berpikir bahwa ChatGPT hanya dapat menulis esai untuk Anda, yang disebut plagiarisme. Yang membuatnya lebih berharga adalah bahwa ia dapat membantu Anda menulis. Kami akan menunjukkan kepada Anda cara menggunakan ChatGPT untuk menulis dan membantu orang lain serta memberikan beberapa tips menulis yang bermanfaat.

 5 Cara Mudah Menggunakan ChatGPT untuk Menulis Esai

Jika Anda mencari cara untuk menggunakan ChatGPT untuk membantu Anda menulis, berikut ini adalah lima cara yang bisa Anda coba. Sebelum memulai, perlu diperhatikan bahwa Anda dapat menggunakan tips di bawah ini di Bing Chat atau bahkan Google Bard, yang juga merupakan robot AI. Bing Chat dan Google Bard terhubung ke internet sehingga mereka dapat memasukkan sumber dan informasi latar belakang tentang peristiwa terkini.

Menghasilkan Ide Esai

Sebelum menulis esai, Anda harus memberikan ide yang lebih detail. Ketika guru memberikan laporan sebagai pekerjaan rumah, mereka biasanya memberikan siswa sebuah pertanyaan yang memberi mereka ruang untuk berkreasi dan menganalisis berbagai hal dengan cara mereka sendiri. Jadi, terserah pada anak-anak untuk mencari tahu bagaimana cara mendekati esai secara mandiri.

Jika Anda baru saja menulis esai, Anda pasti tahu bahwa langkah ini sering kali merupakan yang tersulit. ChatGPT dapat membantu Anda dengan langkah ini. Yang harus Anda lakukan adalah mengetikkan topik pekerjaan rumah dan informasi sebanyak yang Anda inginkan, seperti apa yang Anda rencanakan untuk dibahas, dan ChatGPT akan melakukan sisanya. Sebagai contoh, ketika saya masih kuliah dan harus menulis makalah, saya bertanya:

Prompt: Provide me essay ideas about the topic “Having Enough Sleep and Drinking Water Daily

 

Dalam hitungan detik, ChatGPT merespons dengan ide esai dan saran yang bisa saya tulis. Selain itu, saya juga diberi saran mengenai informasi apa saja yang bisa saya sertakan dalam makalah saya dan contoh studi kasus yang bisa saya gunakan.

Buat Garis Besar Esai

Setelah Anda memiliki topik yang bagus, Anda bisa mulai memikirkan apa yang ingin Anda sampaikan dalam esai Anda. Saya selalu membuat garis besar hal-hal yang ingin saya bahas dalam esai saya. Hal ini memudahkan saya untuk menulis. Tetapi membuat sketsa sering kali merupakan proses yang panjang dan membosankan. Yang harus Anda lakukan untuk menggunakan ChatGPT adalah menyuruhnya menuliskannya untuk Anda. Saya meminta chatbot untuk menuliskan rencana saya menggunakan topik yang ChatGPT bantu buat di langkah pertama. Saya melakukan ini dengan mengatakan:

Prompt: Create an essay outline for this topic [Paste Your Topic]

 

Setelah beberapa detik, chatbot memberikan garis besar keseluruhan dengan tujuh bagian dan tiga poin di bawah setiap bagian. Rancangan ini terperinci dan dapat dipersingkat jika Anda ingin menulis esai yang lebih pendek atau diperluas jika Anda ingin menulis makalah yang lebih panjang. Jika Anda tidak menyukai sesuatu atau ingin mengubahnya, Anda dapat melakukannya secara manual atau dengan memberikan lebih banyak arahan kepada ChatGPT.

Gunakan ChatGPT untuk Mencari Referensi

Setelah Anda mengetahui dengan pasti apa yang ingin Anda tulis, sekarang saatnya untuk mencari sumber-sumber yang dapat dipercaya untuk mendapatkan informasi Anda. Seperti langkah lainnya, jika Anda tidak tahu harus mulai dari mana, Anda bisa bertanya pada ChatGPT. Anda hanya perlu memberi tahu topik esai Anda, dan ChatGPT akan mencarikan sumber-sumber untuk Anda. Saya menanyakan hal berikut ini, sebagai contoh:

Prompt: Can you help me find a reference for my paper with a topic titled [Paste Your Topic]

 

Chatbot ini memberikan tujuh sumber, masing-masing dengan poin-poin yang menjelaskan apa itu sumber dan bagaimana sumber tersebut dapat membantu. Jika Anda menggunakan ChatGPT untuk menemukan sumber, Anda harus tahu bahwa chatbot ini tidak memiliki akses ke informasi setelah tahun 2021, sehingga tidak akan bisa memberikan informasi terbaru.

Menghasilkan Contoh Esai

Penting untuk diingat bahwa menyalin teks chatbot dan menyerahkannya dapat dianggap sebagai pencurian karena itu bukan hasil karya Anda. Teks yang dibuat oleh AI harus diberi label dan kredit yang jelas dalam karier Anda, sama seperti materi lain yang Anda gunakan. Sebagian besar sekolah memiliki hukuman yang keras untuk plagiarisme, mulai dari penurunan nilai hingga dikeluarkan dari sekolah. Jika Anda ingin ChatGPT membuatkan contoh teks, beritahukan apa yang harus ditulis dan berapa panjangnya. Saya memasukkan teks berikut ini sebagai contoh:

Prompt: Generate a three-paragraph essay on the topic [Paste Your Topic]


 

Robot memberikan apa yang saya minta dalam hitungan detik: Esai tiga paragraf tentang subjek yang masuk akal dan dapat membantu Anda dalam penulisan akademis. Penting untuk diingat bagaimana cara kerja alat seperti ChatGPT pada saat ini: Mereka menyusun kata-kata dengan cara yang menurut mereka valid secara statistik, tetapi mereka perlu tahu apakah yang mereka katakan itu benar atau akurat. Anda mungkin akan menemukan fakta atau detail yang dibuat-buat atau hal-hal aneh lainnya. Ia tidak akan dapat membuat sesuatu yang baru karena yang dilakukannya hanyalah menggabungkan apa yang sudah dipelajari. Ini dapat membantu Anda memulai pekerjaan Anda, namun jangan harap hasil yang Anda dapatkan adalah sesuatu yang orisinil atau benar.

Perbaiki Kosakata dan Tata Bahasa

Anda dapat menggunakan fitur penulisan tingkat lanjut ChatGPT untuk membantu Anda memperbaiki esai setelah Anda menulisnya. Anda dapat memberi tahu robot dengan tepat apa yang Anda ingin robot ubah. Misalnya, saya memintanya untuk memperbaiki struktur dan tata bahasa tulisan saya, tetapi saya juga bisa memintanya untuk meningkatkan alur, nada, dan hal-hal lain.

Ketika Anda memerintahkannya untuk mengubah esai Anda, ia akan meminta Anda untuk menyalin dan menempelkannya ke dalam chatbot. Setelah Anda melakukannya, laporan Anda akan dicetak dengan semua perubahan yang dibuat. Ini bisa menjadi alat yang paling membantu karena dapat mengedit esai Anda lebih dari sekadar alat pengoreksi yang penting, lebih dari sekadar mengeja. Anda juga dapat mengedit bersama dengan ChatGPT.

Prompt: Act as a professional English teacher and check this paragraph and make sure it’s error-free and perfect in grammar:

[Paste Your Content]

 

 

Pertanyaan Umum

  • Dapatkah ChatGPT menulis esai untuk saya?

Tidak, ChatGPT tidak dimaksudkan untuk membantu Anda menulis laporan. Namun, ChatGPT dapat membantu Anda dalam berbagai bagian proses penulisan, seperti mengembangkan ide esai, membuat kerangka esai, mencari referensi, membuat esai latihan, dan memperbaiki kesalahan tata bahasa dan ejaan.

  • Apakah menggunakan ChatGPT dianggap sebagai plagiarisme?

Menggunakan ChatGPT tidak dianggap sebagai plagiarisme selama konten yang dibuat disebutkan dan dikreditkan dengan benar. Sangat penting untuk memberi kredit pada sumber yang Anda gunakan dalam tulisan Anda, termasuk sumber dari ChatGPT.

Kesimpulan

Cara orang menulis telah banyak berubah karena ChatGPT. Fitur-fitur canggih ChatGPT dapat membantu orang mengembangkan ide untuk esai, membuat garis besar untuk makalah, menemukan sumber, membuat contoh esai, dan memperbaiki kesalahan tata bahasa dan ejaan. ChatGPT tidak dimaksudkan untuk menggantikan menulis. Sebaliknya, ini dimaksudkan untuk membantu orang dengan tulisan mereka. Ini adalah alat yang berharga yang dapat membantu orang menulis dengan lebih baik dan lebih cepat.

Continue Reading